Minggu, 03 Juni 2012

Macam-Macam Plugin untuk WordPress

Bicara mengenai WordPress maka tidak lepas dari plugin-plugin yang menyertainya. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan plugin yang disediakan di internet/bisa didownload digoogle. Plugin membuat WordPress terus berkembang bersama ide-ide kreatif yang membuatnya seolah memiliki fitur tanpa batas. Namun semakin banyak plugin dengan fungsi serupa maupun tidak serupa membuat kita akhirnya bingung mau memilih plugin yang mana yang sebetulnya dibutuhkan. Disini ada macam-macam plugin yang penting untuk WordPress.
1.OneClick Install
Plugin ini berfungsi menggantikan FTP client yang biasa kita gunakan untuk mengupload atau menghapus plugin atau themes.Tetapi ada kelebihan dari plugin ini yaitu upload yang bisa dalam bentuk zip,sehingga upload tidak dilakukan per-file. Selain itu,OneClick Installer juga bisa menghapus plugin atau themes yang memang ingin kita hapus berikut directorynya.Plugin ini cocok untuk yang senang bongkar pasang plugin atau themes.

2. WP-Super Cache
Plugin ini merupakan salah satu yang bisa dikatakan paling penting dari plugin lainnya,plugin ini meningkatkan performance blog secara signifikan. WP-Super Cache jauh lebih ampuh dibandingkan WP-Cache.

3. Spam Karma 2
Salah satu ancaman dari ketenaran blog yang kita miliki adalah serbuan spam yang jumlahnya sangat luar biasa. Sebetulnya WordPress sudah menyediakan plugin Akismet untuk mengatasi hal ini.Namun menurut yang saya dengar-dengar dari orang dan searching digoogle plugin ini sering melakukan kesalahan prosedure dalam menangkap spam.

4. Simple Tags
Kegunaan utama pada plugin ini adalah memanajemen/mengatur tag yang berada didalam blog,sehingga dengan plugin ini kita dapat diberikan arahan mengenai tag yang ingin diberikakan pada halaman blog kita,mengedit tag secara masal,mengisi tag secara otomatis dsb.Simple Tags juga dapat digunakan untuk membuat artikel terkait atau postingan terkait.

5.Google Analytics For WordPress
Google menyediakan salah satu layanan gratis yaitu Google analytics yang berguna untuk melihat keadaan website,baik itu traffic kunjungan,halaman yang dilihat,lamanya melihat website,sumber lalulintas dll dari pengunjung,dan berita baiknya wordpress menyediakan plugin gratis yang bisa digunakan untuk membantu website terintegrasi dengan Google analytics dan plugin itu namanya Google Analytics For WordPress.

0 komentar:

Posting Komentar