Jumat, 16 Maret 2012

MODEL BISNIS E-BAY


e-bay masih sejenis bisnis online sama seperti amazon dan juga google adsense. Untuk lebih jelas lagi e-bay adalah situs jual beli yang paling terkenal dan laku dipergunakan oleh masyarakat didunia,situs web pelelangan online ini ditemukan di San Jose, Calofornia pada tahun1995 oleh progremmer komputer prancis kelahiran Iranyang bernama Omidyar. E-bay ini awalnya sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan.
Sejak itu lah e-bay menjadi ajang tempat dapat menemukan sesuatu dari ponsel dan DVD hingga pakaian,barang koleksi dan juga mobil. E-bay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual diseluruh dunia.
Jika kita ingin melihat barang-barang yang ada di e-bay ya hanya sekedar melihat saja kita tidak perlu daftar atau istilahnya menjadi member. Tapi jika kita ingin membeli ataiu menjual barang di e-bay kita harus daftar terlebih dahulu,dimanapun kita daftar,apakah pada eBay.com atau situs internasional lainnya,ID pengguna e-bay berfungsi pada setiap situs e-bay.
Kesuksesan e-bay ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lelang lainnya yang menyebar keseluruh dunia. Ide daripada e-bay merupakan salah satu contoh dari fenomena “Long Tail” yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama “The Long Tail”,dimana pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak,sementara jumlahnya semakin sedikit,sumber pendapatan banyak berasal adri paypal.

0 komentar:

Posting Komentar