Jumat, 09 Maret 2012

VIRAL MARKETING


Sebenernya dari searching saya tentang viral marketing itu ga ada definisi yang tepat  tentang viral marketing,namun ada juga yang mengatakan kalau viral marketing itu merupakan strategi yang digunakan untuk mendorong seseorang agar menyampaikan pesan pemasaran kita kepada orang lain,manfaatnya pesan kita itu akan terus menyebar dan meluas secara cepat. Karena caranya yang terus menyebar dengan cepat seperti virus itu maka di namakan sebagai VIRAL MARKETING.
Bila strategi ini berjalan dengan sukses,bisnis kita bisa melejit dengan cepat. Stratgi ini bisa dibilang seperti pembicaraan dari mulut ke mulut,biasanya orang itu lebih percaya apa kata teman daripada iklan,sangat baik juga jika bisnis ini digunakan pada bisnis internet kita.
Ada 5 prinsip dasar viral marketing :
1.      Berikan produk dan Layanan,prinsip ini untuk menarik minat penyebar pesan kita bisa memberikan produk dan layanan gratis.
2.      Proses Tranfer informasi yang mudah, transfer informasi ini bisa berjalan mudah jika media yang digunakan juga mudah digerakkan.
3.      Gali dan bangkaitkan motivasi semua orang, viral marketing yang sukses biasanya mengambil keuntungan dari motivasi yang dimiliki manusia,menjadi terkenal dan mendapatkn uang banyak merupakan dua diantara sekian banyak motivasi manusia.
4.      Gunakan jaringan hubungan yang ada, banyak orang yang memiliki jaringan bkn hanya 1 atau 2 orang saja,tapi ratusan sampai ribuan orang. Dengan jaringan hubungan ini kita bisa manfaatkan jaringan orang-orang tersebut untuk menyebar luaskan pesan marketing kita.
5.      Manfaatkan sumber daya orang lain, kita tak seharusnya menyediakansegala sesuatunya sendirian,kita bisa memanfaatkan sumber daya milik orang orang lain untuk membesarkan bisnis kita.
Nah selama kita bisa mengembangkan prinsip-prinsip tersebit diatas,semakin besar peluang untuk mendongkrak bisnis kita.

0 komentar:

Posting Komentar